Wednesday 16 January 2013

Pengertian CSS (Cascading Style Sheets)

Disini kita akan membahas tentang penjelasan CSS (Cascading Style Sheets), adalah kumpulan kode-kode yang berurutan dan saling berhubungan untuk mengatur format atau tampilan suatu halaman HTML dan merupakan salah satu bahasa pemrograman web untuk mengendalikan beberapa komponen dalam sebuah web sehingga akan lebih terstruktur dan seragam. Pengertian CSS merupakan alternatif bahasa pemrograman web masa yang akan datang, dimana mempunyai banyak keuntungan, diantaranya adalah :

  • Ukuran file lebih kecil
  • Dapat di-update dengan cepat dan mudah, karena kita cukup mendefinisikan sebuah style-sheet global yang berisi aturan-aturan CSS tersebut untuk diterapkan pada seluruh dokumen-dokumen HTML pada halaman situs kita
  • User yang berbeda dapat mempunyai style-sheet yang berbeda pula
  • Ukuran dan kompleksitas document code dapat diperkecil
  • Load file lebih cepat
  • Menghemat waktu, dimana hanya membuat 1 halaman CSS
  • Dapat berkolaborasi dengan JavaScript
  • Dan banyak lagi yang lainnya 
Ada dua sifat CSS yaitu internal dan eksternal. 

Jika internal yang dipilih, maka skrip itu dimasukkan secara langsung ke halaman website yang akan didesain.  Kalau halaman web yang lain akan didesain dengan model yang sama, maka skrip CSS itu harus dimasukkan lagi ke dalam halaman web yang lain itu.

Sifat yang kedua adalah eksternal di mana skrip CSS dipisahkan dan diletakkan dalam berkas khusus. Nanti, cukup gunakan semacam tautan menuju berkas CSS itu jika halaman web yang didesain akan dibuat seperti model yang ada di skrip tersebut .

CSS dapat mengendalikan ukuran gambar, warna bagian tubuh pada teks, warna tabel, ukuran border, warna border, warna hyperlink, warnamouse over, spasi antar paragraf, spasi antar teks, margin kiri, kanan, atas, bawah, dan parameter lainnya.  CSS adalah bahasa style sheet yang digunakan untuk mengatur tampilan dokumen.  Dengan adanya CSS memungkinkan kita untuk menampilkan halaman yang sama dengan format yang berbeda.

Demikian dulu pembahasan kita mengenai  CSS (Cascading Style Sheets). Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, mudah - mudahan anda tidak menemukan kesulitan dalam memahami artikel tentang CSS (Cascading Style Sheets).

Terima Kasih

No comments:

Post a Comment