Wednesday 6 February 2013

Sejarah Webometrics

Sejarah webometrics penjelasan tujuan dan cara penilaian webometrics adalah web alat pengukur aktivitas dan visibilitas institusi dan merupakan indikator dari prestasi universitas. Peringkat merangkai dari kinerja global Universitas, memberikan informasi untuk calon mahasiswa dan masyarakat, dan mencerminkan komitmen untuk penyebaran pengetahuan ilmiah dan mencakup lebih dari 18.000 lembaga pendidikan di seluruh dunia.

Sejarah Webometrics "Webometrics Ranking of World Universities" adalah sebuah inisiatif dari Cybermetrics Lab, sebuah kelompok riset milik Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC), badan penelitian publik terbesar di Spanyol. CSIC melekat ke Departemen Pendidikan dan tujuan utamanya adalah untuk mempromosikan penelitian ilmiah untuk meningkatkan tingkat kemajuan ilmiah dan teknologi dari negara yang akan memberikan kontribusi untuk meningkatkan kesejahteraan warga. CSIC juga memainkan peran penting dalam pembentukan peneliti baru dan teknisi dalam aspek yang berbeda dari ilmu pengetahuan dan teknologi.

Untuk melihat ranking universitas diseluruh dunia, langsung saja masuk ke ke situs http://www.webometrics.info

Bidang khusus penelitian web termaksud :
  • Pengembangan indikator Web untuk diterapkan pada daerah dari Spanyol, Eropa, america latin dan Dunia
  • Kuantitatif studi tentang komunikasi ilmiah melalui jurnal elektronik dan repositori, dan dampak dari inisiatif Open Access
  • Pengembangan indikator tentang sumber daya dalam Masyarakat Informasi
  • Indikator dan sosial visualisasi jaringan di Web dengan ramah, antarmuka grafis yang dinamis dan interaktif
  • Design dan evaluasi teknik analisis documental sumber daya Web
  • Analisis penggunaan informasi melalui penggalian data dari file log Web
  • Pengembangan teknik cybermetrics diterapkan berdasarkan posisi di search engine domain Web
  • Jenis program studi diterapkan pada aktivitas sarjana di Web
Tujuan Webometrics

Tujuan asli dari webometrics ini adalah untuk mempromosikan / publikasikan lembaga pendidikan dari web. Mendukung inisiatif Buka Akses, akses elektronik untuk publikasi ilmiah dan materi akademik lainnya adalah target utama webometrics. Namun indikator web sangat berguna untuk tujuan peringkat juga karena mereka tidak didasarkan pada jumlah kunjungan atau desain halaman, melainkan pada kinerja global dan visibilitas universitas. Sebagai peringkat lainnya hanya berfokus pada beberapa aspek-aspek yang relevan, khususnya hasil penelitian, peringkat indikator berbasis web yang lebih baik mencerminkan gambaran yang menyeluruh, kegiatan lainnya guru besar dan peneliti yang ditunjukkan dengan kehadiran Web mereka. Web tidak hanya mencakup hanya formal (e-jurnal, repositori) tetapi komunikasi ilmiah juga informal. publikasi Web lebih murah, mempertahankan standar kualitas yang tinggi dari proses peer review. Hal ini juga bisa menjangkau audiens yang potensial yang lebih besar, menawarkan akses ke pengetahuan ilmiah para peneliti dan lembaga-lembaga yang berlokasi di negara-negara berkembang dan juga kepada pihak ketiga (ekonomi, industri, politik dan budaya) dalam komunitas mereka sendiri. Peringkat Webometrics memiliki cakupan yang lebih besar dari peringkat serupa lainnya. Peringkat ini tidak hanya terfokus pada hasil penelitian tetapi juga indikator lain yang mungkin lebih baik mencerminkan kualitas global sarjana dan institusi penelitian di seluruh dunia.

webometrics bermaksud untuk memotivasi kedua lembaga dan sarjana untuk memiliki keberadaan web yang secara akurat mencerminkan aktivitas mereka. Webometrics tidak jadi suatu alat tolak ukur untuk prestasi seorang mahasiswa, seperti pernyataan dibawah ini:
If the web performance of an institution is below the expected position according to their academic excellence, university authorities should reconsider their web policy, promoting substantial increases of the volume and quality of their electronic publications.
Jika kinerja web suatu lembaga di bawah posisi yang diharapkan sesuai dengan keunggulan akademis mereka, pemerintah harus mempertimbangkan kembali kebijakan universitas web mereka, mempromosikan peningkatan substansial dari volume dan kualitas publikasi elektronik mereka 

Dengan adanya webometrics, calon mahasiswa harus menggunakan kriteria tambahan jika mereka mencoba untuk memilih universitas. Peringkat webometrics baik berkorelasi dengan kualitas pendidikan yang diberikan dan prestise akademik, tetapi variabel non-akademis lainnya perlu diperhitungkan

Cara penilaian webometrics

Adapun bagian cara penilaian webometrics sebagai berikut:
Empat indikator diperoleh dari hasil kuantitatif yang disediakan oleh mesin pencarian utama sebagai berikut, perhatikan gambar dibawah ini:
4 penilaian indikator webometrics sebagai berikut :
  1. Ukuran (S). Jumlah halaman pulih dari empat mesin: Google, Yahoo, Live Search dan Exalead.
  2. Visibility (V). Jumlah link eksternal yang unik yang diterima (inlinks) oleh sebuah situs hanya bisa percaya diri diperoleh dari Yahoo Search.
  3. Rich Files (R). Setelah evaluasi relevansi mereka untuk akademik dan publikasi kegiatan dan mempertimbangkan volume dari format file yang berbeda, berikut ini adalah format yang dipilih: Adobe Acrobat (. pdf), Adobe PostScript (.ps), Microsoft Word (.doc). dan Microsoft Powerpoint (. ppt). Data-data ini diambil menggunakan Google, Yahoo Search, Live Search dan Exalead.
  4. Scholar (Sc). Google Scholar menyediakan sejumlah makalah dan kutipan untuk setiap domain akademik. Hasil dari database Scholar mewakili surat-surat, laporan dan item akademis lainnya
Dimasukkannya dari jumlah total halaman didasarkan pada pengakuan terhadap pasar global baru untuk informasi akademik, sehingga web adalah platform yang memadai untuk internasionalisasi institusi. Sebuah deskripsi yang tepat yang kuat dan rinci keberadaan web menyediakan struktur dan aktivitas dari universitas dapat menarik mahasiswa baru dan seluruh dunia sarjana. Jumlah inlinks eksternal yang diterima oleh domain adalah suatu ukuran yang mewakili visibilitas dan dampak dari materi yang dipublikasikan, dan walaupun ada keragaman besar motivasi untuk menghubungkan, sebagian besar bekerja dengan cara yang sama seperti kutipan bibliografi. Keberhasilan diri pengarsipan dan lain repositori inisiatif yang berhubungan secara langsung dapat diwakili dari file yang kaya dan data Scholar. Jumlah besar yang terlibat dengan format pdf dan doc berarti bahwa laporan tidak hanya administratif dan bentuk-bentuk birokrasi yang terlibat. PostScript dan file Powerpoint jelas berkaitan dengan kegiatan akademis.

Pengaruh Google dalam penilaian webometrics

Google yang didirikan oleh Sergey Bin dan Lary Page pada tahun 1998 ini merupakan Search Engine terpopuler saat ini, hampir seluruh lapisan di dunia menggunakan Google untuk beburu data di internet. Google selain seacrh engine juga memiliki perangkat dan indikator yang cukup bergengsi dan parametricnya sangat subtansial, salah satunya adalah Page Rank. Masih banyak yang lain selain Page Rank, namun pokok masalahnya adalah Google merupakan sistem algoritma internet dan web yang terbaik saat ini, untuk menentukan prioritas Page rank saja Google mengukur keterkaitan/tautan/linking web satu dengan yang lain secara algoritmik. ini yang menjadi salah satu point di webometric. Pengaruh Google di webometric karena faktor yang dihandalkan dunia, juga kemampuan mendeteksi kekayaan dan kejujuran sebuah web, Sehingga webometric yang mendorong perguruan tinggi untuk mengedepankan azas-nya yang jujur dalam inventarisasi kekayaan web-nya, sangat sinkron dengan perangkat Google. Sehingga unsur Google dalam webometric selain untuk kategori Visibility (v) juga kategori (Sc) yaitu Google Scholar.

Pengaruh Yahoo dalam penilaian Webometrics

Kenapa webometric menjadikan Yahoo sebagai unsur dalam penilaian? Yahoo yang sebenernya singkatan dari Yet Another Hierarchical of Ficious Oracle saat ini memiliki account email terbesar di dunia. Selain itu kepopuleran yahoo juga dalam komunikasinya, antara lain Yahoo Messenger dan Find Email. Jaringan komunitas ini merupakan bagian dari support untuk asas interlingking di webometrics baik antar personal dan antar web. Selain itu Yahoo memilliki layanan Direktories dengan Premium Cost, sehingga secara segmen sudah mengarah pada pola keseriusan web perguruan tinggi. Yahoo search merupakan bagian dari penyedia layanan Yahoo Directories sebagai bentuk auto sinkronis dari Directories, query dan analitik untuk result, sehingga keterkaitan web satu dengan web lain salah satunya sudah terukur secara langsung dan dapat dipastikan/diorganisir dari direktories ini.

Sumber :
1.webometrics.info
2.dari berbagai media lain nya

No comments:

Post a Comment