Thursday 12 September 2013

Cara Burning File Video Lagu Foto Ke CD-DVD

Cara burning / membakar file, video, lagu, foto atau data yang penting ke CD-R/DVD-RW. Disini kita akan bahas bagaimana langkah-langkah meng-copy / memindahkan / menyimpan file atau data ke cd/dvd. Banyak software yang ada untuk burn suatu file ke cd/dvd, salah satunya adalah memburning data / file dengan menggunakan nero startsmart essentials.

Pada postingan kali ini saya akan membahas cara burning file, lagu, video, foto atau data yang penting ke CD/DVD dengan menggunakan Nero StartSmart Essentials. Langsung saja caranya, jika komputer anda sudah terinstall Nero, maka ikuti langkah nya dibawah ini, jika belum silahkan di install terlebih dahulu.
Langkah pertama:
Buka terlebih dahulu Nero di komputer anda, pastikan sudah terinstall. Klik menu Start>All Programs>Nero 7 Essentials>Nero StartSmart Essentials. Perhatikan gambar di bawah:

Langkah kedua:
Setelah anda klik software Nero yang sudah terinstall tadi maka akan muncul layar seperti gambar di bawah ini.
Perhatikan gambar di atas, jika anda ingin burn data dalam bentuk file (word, excel, notepad, dll), maka pilih menu Data>Make Data CD (jika anda menggunakan CD pilih menu CD, jika DVD, pilih menu DVD).
Jika anda ingin burn video. lagu, foto, anda hanya perlu klik menu yang tersedia di nero, lebih dan kurang caranya sama seperti burn data dalam bentuk file.

Langkah ketiga:
Setelah itu maka akan muncul kotak / box untuk menambah file yang akan di add ke dalam box tersebut untuk diproses / di bakar / di burn. Anda bisa add satu persatu file yang akan di burn atau satu folder sekaligus. Perhatikan gambar di bawah ini.
Langkah keempat:
Setelah anda add file yang akan di burn, maka klik next, lalu akan muncul form / box untuk mengisi data nama cd/dvd anda tersebut, anda bisa merubah nya dengan nama yang anda inginkan. Perhatikan gambar di bawah ini:
Note:
1.  Kolom untuk merubah nama cd/dvd anda.
2. Centang pilihan tersebut apabila anda ingin menambahkan file ke dalam cd/dvd yang sudah di burn suatu saat nanti.
3. Mulai proses burn / pembakaran file.
Langkah kelima:
Jika anda sudah memasukkan cd/dvd sebelum membuka Nero maka proses akan langsung berjalan, jika anda belum memasukkan cd/dvd maka secara otomatis tempat cd/dvd yang ada di komputer anda akan terbuka, lalu masukkan cd/dvd anda.

Langkah keenam:
Selamat anda telah berhasil burn data file anda ke dalam cd/dvd. Jangan lupa share / bagikan artikel ini kepada teman -teman anda agar teman anda juga bisa.
Terima kasih.

10 comments: