Thursday 31 October 2013

Cara Mengatur Mengedit Jenis Tulisan Teks Lengkap Di Blog

Cara mengatur mengedit jenis tulisan teks lengkap di blog, maksudnya adalah , merubah gaya jenis teks font warna tebal miring garis bawah dan memasukkan link pada suatu postingan atau di widget gadget blogger.

Jika pada menu postingan pastinya cara ini tidak terlalu sulit karena sudah ada menu diatas postingan untuk mengatur semua jenis tulisan nya. Perhatikan gambar dibawah.
Cara Mengatur Edit Jenis Tulisan Di Blog
Gambar 1. klik untuk perbesar tampilan.
Tapi jika untuk menulis di bagian add gadget/widget atau di menu edit html, cara pada gambar 1 diatas pasti tidak ada menu nya langsung, melainkan harus kita tulis sendiri kode nya. Langsung saja kita bahas caranya. Perhatikan contoh gambar dibawah ini.
Cara Mengatur Mengedit Jenis Tulisan Teks Di Blog
Gambar 2.
Lihat contoh gambar 2 diatas dengan jelas, karena kita akan membahas caranya dari contoh gambar diatas.

- Pada tulisan: ...wellcome... menggunakan alignment rata kiri atau align left, dan penulisannya sebagai berikut.

<div style="text-align: left;">...Wellcome...</div>
Atau
<span style="text-align: left;">...Wellcome...</span>
Atau
<b style="text-align: left;">...Wellcome...</b>

Note: Untuk mengganti jadi rata kanan ganti left jadi right, untuk mengganti jadi rata kanan-kiri tinggal ganti jadi "justify", untuk ganti jadi di tengah cukup ganti jadi "center".

- Pada tulisan FB Like, Twitter Followers, G+, Google Friend pada contoh gambar 2 diatas, menggunakan warna merah pada warna teks, tebal, dan miring. Lihat contoh kode nya dibawah ini.

Contoh untuk kata FB Like menggunakan warna merah, tebal dan miring
Maka kode nya adalah:
<span style="color: red;"><i><b>FB Like</b></i></span>
Note:
<span style="color: red;">FB Like</span> adalah untuk warna teks merah
<i>FB Like</i> adalah untuk tulisan miring (italic)
<b>FB Like</b> adalah untuk tulisan tebal (bold)

- kemudian pada contoh gambar 2 diatas dari tulisan ...Wellcome s/d Terima Kasih. Kode keseluruhan nya kurang lebih adalah seperti dibawah ini.

<span style="font-family: &quot;Courier New&quot;,Courier,monospace;"><b>...Wellcome...</b></span><br />
<span style="font-family: Georgia,&quot;Times New Roman&quot;,serif;">Bagi Teman - Teman Jika Blog ini Bermanfaat Jangan Lupa Di <i><b>Share</b></i> Ya. Bagi Teman Blogger Jangan Lupa Juga Tinggalkan Komentar Agar Saya Bisa Berkunjung Ke Blog Anda. Jalin Pertemanan Dengan Add Melalui <span style="color: red;"><i><b>FB Like</b></i></span>, <span style="color: red;"><i><b>Twitter Followers</b></i></span>, <span style="color: red;"><i><b>G+</b></i></span>, <span style="color: red;"><i><b>Google Friend</b></i></span>. Pasti Saya Akan Add Kembali<b>. </b>Terima Kasih.<b>&nbsp;</b></span>

- Lalu jika Pada tulisan FB Like ingin di masukkan link hidup, maka tambahkan kode seperti dibawah ini.
<a href="http://gustilubis.blogspot.com/" target="_blank">FB Like</a>

Note: Ganti alamat url warna biru diatas dengan alamat url yang ingin anda masukkan. Anda juga bisa menggabungkan kode diatas dengan tambahan fungsi background teks, border, margin, padding, dan pelajari pahami lagi tentang kode CSS yang berguna di blog.

- Selesai.

Artikel ini sudah saya jelaskan dengan sangat teliti agar anda dapat memahaminya dengan mudah, apabila anda masih kurang mengerti juga mungkin bisa dicari di google cara yang lebih mudah lagi. Jika ada kesalahan dalam penulisan atau penjelasan artikel ini saya mohon maaf.

Artikel Rekomendasi:

4 comments: